Bisnis yang dijalankan oleh para pensiunpeneur memiliki tantangan yang luar biasa seiring dengan perubahan linkungan bisnis yang tidak pasti, selalu berubah, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi dan bahkan disruptif seiring dengan perubahan teknologi informasi yang membuat perubahan tersebut menjadi ancaman kalau tidak bisa dikelola dan diantisipasi.

Satu soft skill yang harus dikembangkan adalah critical thinking dari setiap pensiunpreneur yaitu bagaimana mereka bisa mengasah kemampuan berfikir kritis. Tidak mudah memang, akan tetapi sebagai seorang mantan karyawan, rasanya, ini harus sudah biasa dilakukan agar bisa menjadi sumber kreativitas untuk mendapatkan ide-ide sebagai dasar kreativitas. Sudah biasa juga dilakukan dulu ketika menjadi karyawan sesuai dengan tuntutan atasan atau manajemen serta owner.

Berfikir kritis itu dapat dilakukan dengan selalu bertanya atas apa yang terjadi. Tentu didasari dengan pemahaman atas sebuah data yang berhubungan dengan suatu kondisi, seperti keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Data tersebut harus dibandingkan dengan target yang hendak dicapai.

Sebagai contoh, kenapa target tidak tercapai karena data yang ada menunjukkan bahwa realisasi dibawah target. Inilah data yang harus dimiliki dan bertanya KENAPA. Ketika ini bisa dilakukan oleh para pensiunpreeur, maka akan bisa menambah kreavitas untuk mendapatka ide agar bisa menyelesaikan masalah tadi.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk berfikir kritis..... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas STRATEGIC MANAGEMENT bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: