Tentu masih ingat konsep dasar yang selalu saya sampaikan kepada bapak dan Ibu yang memilih bisnis sebagai jalan hidupya di masa pensiun. Apa itu? Tentang bagaimana bisnis itu sejatiya adalah create money atau Ujung-ujungnya Duit. Konteks ini adalah positif dan bukan untuk negative thinking. Ketika bicara bisnis, semuanya harus bisa mengacu kepada perhitungan duit agar bisa terukur. Karena konsep dasarnya adalah TP = TR – TC, yaitu total profit dihasilkan dari total revenue dikurangi oleh total cost.

Hal ini berlaku untuk semua bisnis yang dijalankan dimasa pensiun seperti konsultan manajemen, mengelola rumah makan, koveksi, membuka kafe, bertani, berkebun, beternak dan/atau berdagang sembari membuka toko dan lain-lain.

Hanya saja, yang paling penting dari aspek ini adalah disiplin mengelola uang. Ada pengalaman dimana pensiunpreneur tidak memisahkan uang dapur dengan uang bisnis. Akibatnya? Akhir bulan menjadi pusing tujuh keliling.

Hal ini akan dihadapi oleh setiap pensiunpreneur yang tidak disiplin mengelola uang. Hal ini bisa diawali dengan membuat anggaran dan menjalankan program sesuai anggaran. Ingat waktu bekerja dulu dimana manajemen tidak akan mengeluarkan uang untuk kegiatan yang tidak dianggarkan. Hmm.siap seperti itu? harus

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk disiplin mengelola keuangan . .... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN PEMASARAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: