Sebagai seorang pensiunprenur, tantangan yang akan dihadapi ketika ingin sukses menjual produk adalah perilaku konsumen dan tingkat persaingan yang tinggi. Kedua hal ini saling berhubungan dan sejatinya seorang pensiunpreneur harus benar-benar bisa memahaminya dengan baik. Kalau salah memahaminya, makan akan membuat produknya tidak akan laku di pasar.

Untuk itu, seorang pensiunpreneur harus bisa membedakan antara konsep dasar yang membentuk produk yaitu produk sebagai barang atau jasa dengan produk sebagai value. Kedua konsep ini harus benar-benar dipahami.

Kalau seorang pensiunpreneur masih menganggap produknya sebagai barang atau jasa, maka akan ditinggalkan oleh konsumen. Kenapa demikian? Karena pesaing juga menawarkan yang sama dan bahkan bisa jadi lebih baik dari pensiunpreneur tersebut.

Oleh karena itu, berikanlah value atau nilai yaitu benefit yang lebih besar daripada cost yang dikeluarkan oleh konsumen. Benefit berupa produk yang berkualitas, orang yang kompeten dan ramah, layanan yang optimal dan image yang positif. Adapun biaya terdiri dari jumlah rupiah yang dikeluarkan, pengorbanan waktu, pengorbanan tenaga, pengorbanan energy dan pengorbanan psikis. Dalam konteks ini,  bagaimana pensiunpreneur mampu memberikan benefit yang optimal dan pengorbanan yang minimal.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk berikan value kepada konsumen. .... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN OPERASI bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: