Bisnis itu membutuhkan keuangan yang sehat karena berhubungan dengan bagaimana keuangan tersebut bisa memberikan modal untuk operasional. Sejatinya seorang entrepreneur bisa mengelola keuangan ini dengan baik.

Salah satu masalah entrepreneur itu adalah lemah mengelola piutang dari konsumen atau banyaknya uang bisnisnya di konsumen. Tentu ini bisa dipahami karena beberapa factor internal dan eksternal.

Faktor internal seperti rasa tidak enak kepada konsumen ketika menagih uang kepada konsumen. 

Membawa perasaan ini salah satu musuh terbesar para entrepeneur dalam menagih uang, oleh karena itu, minimalisir rasa ketika berhubungan dengan piutang.

Selanjutnya adalah membuat perjanjian dengan konsumen yang berhutang. Penting untuk mengawalinya dengan akad sehingga konsumen juga paham tentang piutang mereka dan harus dibayarnya. Ketika ini bisa dibuat diawal, kedua belah pihak sudah bisa memahami posisi masig-masing. Tentu juga hak dan kewajiban yang tinggal ditagih saja ketika sudah waktunya.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana entrepreneur itu bisa berkomunikasi dengan para konsumen agar bisa saling terbuka untuk membayar kewajiban mereka. jangan sampai tidak terbuka dan potensi piutang macet akan minim.

Oleh karena itu, setiap strategic entrepreneur harus mulai melihat kinerja keuangan dari bisnisnya.

So, mari buat sistem manajemen perusahaan.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: