Tantangan terbesar para pensiupreneur dalam mengelola karyawan sekarang ini adalah menghadapi generasi milenial yang merupakan anak muda dengan perilaku yang sangat berbeda dibandingkan dengan generasi yang sudah menjadi pensiunpreneur. Kalau boleh dibilang, hal ini menjadi gap terbesar karena kalau gagal mengelola potensi karyawan ini, akan membuat perusahaan menjadi tidak berjalan dan bahkan hancur.

Waduh, sedemikian ekstrem nya kah? Hmmm. Coba saja bapak dan ibu para pensiunpreneur yang memiliki anak di rumah dengan kelahiran diatas tahun 2000. Bagaimana kecepatan berfikir mereka tentang informasi, tentang teknologi, hubungan mereka di social media dan lain-lain. Hal ini melekat pada diri setiap anak milenial. Pasti terasa bagaimana perilaku mereka di rumah.

Sementara itu, mereka akan diajak untuk bekerja di perusahaan yang dimiliki oleh para pensiunpreneur yang mayoritas adalah generasi X dan bahkan baby boomer. Oleh karena itu, diperlukan tips khusus menghadapi anak muda ini agar bisa mengeluarkan potensi dan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Perlu memiliki pemahaman tentang manajemen sumber daya manusia dan kemudian pemahaman tentang perilaku generasi milenial. Suka tidak suka, harus bisa masuk ke alam fikiran mereka dan bergaull dengan mereka sembari menjaga pengelolaan sumber daya manusia sesuai dengan prinsip keilmuan manajemen sumber daya manusia.

Selain itu, berikan koridor yang jelas berupa job description dan tahapan pengerjaan sebuah tugas. Yang tidak kalah penting jangan kaku karena mereka itu orang kreatif. Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pengelolaan generasi milenial sebagai karyawan.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk Kelola Generasi Milenial..... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas SOFT SKILL bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: