Ada yang menarik ketika bicara bisnis yang sesuai dengan pensiunpreneur yaitu apakah bisnis yang tepat untuk dijalanakan dimasa pensiun karena memiliki keterbatasan dana ataupun malah yang memiliki dana berlebih, baik dari pesangon ataupun tabungan semasa bekerja di perusahaan. Kedua-duanya memang tidak pada posisi yang enak, akan tetapi, tetap saja menjadi masalah ketika belum bisa memilih bisnis yang tepat.

Dalam konteks ini, seringkali orang menawarkan kepada calon pensiunpreneur untuk menjalankan bisnis seperti membuka rumah makan, membuka bengkel, membuka usaha konveksi dan lain-lain. Hanya masalahnya ilmu untuk menjalankan bisnis tersebut sangat terbatas. Sehingga produknya pun tidak bisa dipahami dengan baik.

Disinilah hakekat sebuah produk harus dipahami dengan baik oleh para calon pensiunpreneur. Apa itu? Solusi. Inilah sejatinya produk yang harus dipahami dengan baik dan dihasilkan oleh para pensiunpreneur. Sekali lagi solusi.

Oleh karena itu, calon pensiunpreneur bisa menjalankan bisnis apapun, tentu syaratnya halal, asalkan bisa menghasilkan produk berupa solusi. Jadi, tidak perlu langsung menjalankan bisnis rumah makan, kafe dan lain-lain yang membutuhkan dana besar, tetapi modal terbatas.

Disinilah diperlukan evaluasi dan analisis diri setiap pensiunpreneur. Bisa jadi seorang pensiunpreneur bisa menghasilkan solusi berupa konsultasi sesuai dengan pekerjaan, membantu bisnis yang dijalankan oleh istri, anak atau orang tua, menjadi instruktur pelatihan dan lain-lain yang sudah bisa dijalankan dengan modal yang relative kecil. Sekali lagi, hakekat produk itu adalah SOLUSI. 

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk temukan ide untuk menghasilkan solusi bagi konsumen. .... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.comwww.strategidanbisnis.comwww.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN OPERASI bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: