Buat para pensiunpreneur yang berbisnis kuliner, karyawan itu menjadi sangat penting karena akan menentukan bisnis kedepan. Bisa jadi bisnis akan bisa tumbuh dan berkembang, akan tetapi, bisa juga stagnan dan paling jelek adalah berhenti alias bangkrut. Tentu pensiunpreneur tidak mau seperti itu.

Belajar dari salah seorang teman yang bermasalah dengan karyawan, dia seringkali mengeluh karena karyawan itu datang dan pergi. Artinya, ketika sudah dilatih dan diberikan pembekalan ilmu, dia pergi dengan dua cara, ada cara positif dan ada cara negatif. Nah lho.. ada apa ini.

Cara positif dia mundur secara terhormat dengan mengajukan pengunduran diri, tetapi yang negatif lari entah kemana. Dua-dua nya tentu tidak menguntungkan bagi setiap pensiunpreneur karena sama-sama kehilangan karyawan.

Disinilah seorang pensiunpreneur harus menjadi seorang manajer sumber daya manusia bagi bisnisnya. Salah langkah yang bisa dilakukan oleh pensiunpreneur yang sudah memiliki karyawan adalah memetakan kompetensi karyawan, yang terdiri dari knowledge, skill dan attitude.

Carilah karyawan yang memiliki pengetahuan yang baik, keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan dan yang paling penting adalah attitude atau sikap seperti kejujuran, disiplin, komitmen dan loyal dalam bekerja, baik kepada diri pensiunpreneur apalagi pada perusahaan. Petakan ini dan ambil yang paling loyal. Kenapa? Perusahaan pensiunpreneur perlu memiliki karyawan loyal untuk bisa memberikan sustainability perusahaan.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk petakan karyawan.... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas SOFT SKILLS bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: