Tantangan para pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana bisa menerapkan manajemen dalam bisnis itu sendiri. Manajemen yang sudah menjadi “makanan” sehari-hari selama menjadi seorang karyawan. Sejak masuk ditempat kerja, selalu menerapkan manajamen dan bahkan harus bisa menjalankan tugas berbasis manajemen.

Akan tetapi, setelah lepas dari perusahaan, mulailah terjadi perubahan yang membuat seorang mantan karyawan ataupun pensiun seolah-olah “lupa” dengan manajemen. Hal ini banyak sekali saya temukan dan bahkan dalam diri sendiri.

Disinilah tantangan bagi seorang pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis yaitu menerapkan MANAJEMEN dalam diri sendiri terlebih dahulu, barulah ke dalam perusahaan atau bisnis yang dijalankan. Self management dalam konteks bagaimana me-manage diri sendiri. Konsepnya adalah bagaimana dengan segala keterbatasan diri seorang pensiunpreneur harus bisa membuat perencanaan, pengorganisasian, menjalankan rencana serta mengevaluasi.

Tentu tidak asing dengan konteks POAC atau planning, organizing, actuating dan controlling dalam aspek keuangan diri sendiri, pemasaran diri sendiri, proses bisnis diri sendiri serta mengelola sumber daya manusia.. tentu disesuaika dengan konsep diri. Insya Allah, dengan manajemen diri, maka manajemen perusahaan juga akan jauh lebih baik karena inilah yang menjadi salah satu keunggulan pensiunpeneur dalam menjalankan bisnis.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk terapkan self management dalam diri pensiunpreneur. .... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN KEUANGAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: