Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisninsya adalah kesalahan berfikir dengan kurang kritis terhadap apa yang dihadapi dalam bisnis. hal ini sangat terlihat ketika para entrepreneur menghadapi masalah dalam bisnis dan seringkali terhenti dalam mencari solusi bisnis yang dihadapinya.

Demikianlah penjelasan yang disampaikan oleh Meriza Hendri, Direktur PT Strabiz Manajemen Bandung yang sekaligus adalah Dosen Magister Manajemen Universitas Widyatama Bandung mengawali program Belbiz on Radio K-Lite 107,1 FM yang diselenggarkaan pada hari Jumat 23 November 2018.

Salah satu keterampilan berfikir yang harus dikuasai oleh para entrepreneur adalah berfikir kritis atau critical thinking yang memang menjadi fondasi seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnis. “Berfikir kritis adalah mempertanyakan apa yang terjadi dengan bisnis untuk mencari akar masalah dan mengembangkan kreatifitas seorang entrepeneur” kata Meriza.

Hal ini bisa diawali dengan selalu bertanya atas apa yang sedang terjadi dan mencari alternative solusinya. “Setiap entrepreneur dapat memulai dengan menggunakan metode 5 why atau dengan bertanya menggunakan pendekatan minimal lima kali why” kata Meriza.


Hal ini digambarkan juga oleh Inne Marina, Owner Roi Motor yang juga peserta program 100 UMKM naik kelas. Inne menjelaskan bahwa setiap entrepreneur menghadapi masalah dan tugasnya mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. “berfikir kritis memang harus dimiliki oleh para entrepeneur untuk sukses” tambah Inne.


Berbagai pertanyaan dari pendengar dijawab oleh Meriza Hendri dan dibantu oleh Inne dengan konteks pengalamannya dalam menjalankan bisnis benkel Roi yang beralamatkan di Riung Bandung. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: