Assalamualaikum wr.  Wb. Apakah setiap perusahaan itu harus memiliki standar operasional masing-masing? Apakah bisa jika seoarang entrepreneur memiliki standar operasional? Dodi - Lagadar, (Kusmana - Lengkong)

Salam Belbiz, buat Bapak Dodi
Bagi setiap entrepreneur, tidak mungkin mereka menjalankan bisnis sendiri dan tingkat keberhasilan itu hanya akan bisa dicapai dengan memperkerjakan orang lain. Mungkin bagi sebagian entrepreneur, akan meragukan karena itu membutuhkan effort dalam mendesain SOP itu sendiri.

Bagi yang mau sukses, tentu menjadi sebuah kebutuhan agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, SOP tidak bisa tidak dibuat oleh para entrepreneur. SOP sudah bisa dimulai dengan menuliskan apa yang dikerjakan dengan detail dan analisis apakah yang ditulis berdasarkan yang dikerjakan tersebut sudah benar atau tidak dengan membandingkan pada SOP yang dibuat oleh perusahaan orang lain. Banyak buku-buku yang memberikan penjelasan tentang bagaimana membuat SOP.

SOP itu berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Keempat fungsi ini penting untuk dibuatkan SOP nya. Selanjutnya adalah menjalankan apa yang sudah ditulis tersebut. Jalankan apa yang ditulis menjadi sumber revisi untuk SOP itu sendiri. Jangan sampai berhenti karena dengan SOP yang ditulis akan membantu entrepreneur dalam menyempurnakan setiap SOP dan bahkan pekerjaan.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Bapak Dodi dalam mengembangkan bisnis.

SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbis.comwww.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang “Berkomunitas”, Jumat, 18 Januari 2018.

Share To:

Merizahendri.com

Post A Comment:

0 comments so far,add yours