Saat ini, konsumen semakin pintar dan semakin tidak loyal. Demikianlah pertanyaan banyak pebisnis yang benar-benar memahami bagaimana perilaku konsumen itu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan bahkan mengalami turbulensi. Hal ini juga berlaku bagi setiap pensiunpreneur dalam melihat konsumen sebagai target pasar mereka yang akan membeli jasa ataupun produk yang mereka hasilkan.

Untuk bisa cepat memahami konsumen, maka ada satu konsep yang harus dipahami yaitu bagaimana berfikir ala konsumen. Nah lho… apa maksud dari kalimat ini? Bagi saya, ini akan menjadi sangat penting bagi pensiunpreneur karerna inilah bagian yang strategis ketika harus berfikir seolah-olah mereka adalah konsumen.

Kalau dilihat, satu sisi pensiunpreneur yang memilih bisnis sesuai talent, knowledge, skill, attitude sampai dengan morale sudah kuat secara internal. Mereka tinggal lebih paham perilaku consume. Ketika ini sudah dimiliki, lengkap sudah syarat untuk mereka menjadi pensiunpreneur sukses. Konsepnya adalah memahami need, want dan demand dari para konsumen karena inilah yang ada dalam pikiran konsumen. Lakukan riset kecil-kecil, banyak baca data tentang perilaku konsumen, akan membuat pensiunpreneur berfikir ala konsumen.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk berfikir ala konsumen..... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas Manajemen Operasi bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.
Share To:

Merizahendri.com

Post A Comment:

0 comments so far,add yours