Memang berbisnis kuliner bagi pensiunpreneur adalah menjadi sebuah kebutuhan untuk bisa membuat bisnisnya tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang. Tidak bisa lagi pensiupreneur yang memproduksi makanan mengandalkan cara-cara konvensional dengan menawarkan secara langsung kepada pasar. Tentu akan berjalan lambat dan akan kalah dibandingkan dengan pesaing.

Keberadaan social media seperti facebook, twitter sampai kepada instagram saat ini merupakan sebuah peluang bagi pensiunpreneur untuk mulai mengenal dan bahkan memanfaatkannya untuk kepentingan pengembangan bisnis.

Waduh, saya kan sudah tua dan tidak mungkin mengenal dan memanfaatkan social media tersebut untuk bisnis, kata beberapa pensiunpreneur yang ditanya tentang manfaat social media untuk bisnis. Saya juga merasakan hal yang sama, ketika diajak oleh anak muda untuk memanfaatkan social media untuk bisnis. saya menolak, akan tetapi, semakin kesini, menjadi kebutuhan.

Disinilah pensiunpreneur harus merubah pola pikir untuk bisa memanfaatkan social media. Yang penting,mindset dulu karena untuk pemanfaatannya bisa bekerjasama dengan anak muda dimana mereka bisa dibayar untuk bekerja. Mindset inilah dasar untuk pensiunpreneur dalam memanfaatkan social media dalam bisnis.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk manfaatkan social media untuk bisnis..... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas strategic entrepreneurship bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment:

0 comments so far,add yours