Ada yang menarik ketika seorang pensiunpreneur mulai bekerja menjalankan bisnisnya dalam konteks manajemen operasi. Bicara tentang hasil akhir, tentu yang akan menjadi pointnya adalah bagaimana proses bisnis yang ada di peruahaan mulai supplier, input, process, output dan customer atau yang biasa disebut dengan SIPOC.

Hal awal yang bisa dilakukan adalah menuliskan apa yang dikerjakan di bisnis ini. Tuliskan dulu apa yang dikerjakan dan ini menjadi dasar untuk pensiunpreneur dalam mendesain SOP atau standard Operating Procedures. Semuanya dimulai dari menuliskan apa yang dikerjakan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa apa yang terjadi pada setiap bisnis pensiunpreneur itu memiliki sebuah pola, dan pola yang sudah kuat akan menguntungkan pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis. mulai dari keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Semuanya harus dituliskan oleh pensiunpreneur untuk membangun sebuah sistem manajemen yang kuat untuk bisnisnya.

Oleh karena itu, sudah waktunya memulai menuliskan apa yang dikerjakan di bisnis dengan kalimat aktif seperti membuka kantor, memasak kue dan sebagainya. Itu akan menjadi awal untuk bisnis para pensiunpreneur untuk punya auto pilot.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk tulis apa yang dikerjakan diperusahaan..... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas Manajemen Sumber Daya Manusia bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment:

0 comments so far,add yours