Menciptakan bisnis yang bisa berkembang dengan baik adalah bisnis yang dapat membuat business process nya optimal dalam memberikan business value bagi konsumen, karyawan dan bahkan pemegang saham.

Seringkali banyak pensiunpreneur yang membuat bisnis berdasarkan business process yang kuat sehingga bisa optimal dalam membuat bisnisnya dengan baik.

Business process itu berhubungan dengan Supplier, mengangkut produk dari supplier ke perusahaan, proses membuat produk sampai menghantarkan produk sampai kepaa konsumen. Ini penting bai setiap pensiunpreneur membuat desain business process nya dengan baik.

Business process ini disingkat dengan konsep SIPOC yang merupakan singkatan dari supplier, input, process, output sampai dengan consumer. Supplier. Ini menjadi sebuah kesatuan dalam bisnis yang dijalankan oleh pensiunpreneur untuk mencapati tujuan bisnisnya.

Disinilah para pensiunpreneur harus “mengeluarkan” pengetahuan, keterampilan serta pengalaman selama menjadi karyawan di perusahaan orang lain. Pengetahuan dan pengalaman tersebut merupakan asset yang paling berharga bagi para pensiunpreneur dan sejatinya digunakan untuk mendesain proses bisnis yang dijalankan, apapun bidang bisnis yang dikembangkan. Tinggal sekarang adalah menuliskan proses bisnis dan menyesuaikan dengan bisnis kita masing-masing.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk buat business process bisnis kita saat ini..... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas Manajemen Sumber Daya Manusia bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

Merizahendri.com

Post A Comment:

0 comments so far,add yours