Assalamualaikum wr.  Wb. Ide ada dimana-mana tapi bagaimana mengaplikasikannya pak? Mohon tipsnya. (08595666XXX, Bandung)

Salam Belbiz, buat akang atau teteh . Ide adalah sumber bisnis bagi para entrepreneur dalam memulai bisnis dan bahkan untuk mengembangkan bisnis. tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini yang menjadi kunci sukses bisnis adalah industry kreatif atau industry yang dikembangkan berbasis kepada ide-ide.

Nah, agar ide tersebut bisa diaplikasikan dengan bisnis, sejatinya ide tersebut berhubungan dengan NEED, WANT dan DEMAND dari pasar atau calon konsumen. Artinya adalah ada pasar yang akan “membeli” ide tersebut yang sudah diturunkan ke dalam bentuk PRODUK.

Sejatinya hal ini sudah dipahami oleh para calon ataupun entrepreneur yang sudah berbisnis. Oleh karena itu, mulailah mendesain ide untuk menjadi bentuk produk yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Awali dengan membuat produk dan itu akan menjadi nilai untuk pasar agar mereka mau membeli produk tersebut.

Selanjutnya, desainlah dalam bentuk bisnis plan atau perencanaan bisnis yang dapat menggambarkan ide dalam bentuk bisnis yang utuh dari aspek keuangan,pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Ketika ini bisa berjalan, maka ide itu sudah terapilikasi.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk akang atau teteh dalam mengembangkan bisnis.
SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbis.com, www.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang “Bisnis”, Jumat, 12 April 2019.

Share To:

Merizahendri.com

Post A Comment:

0 comments so far,add yours