Tantangan pensiunpreneur untuk mengembangkan usaha adalah bagaimana memiliki modal. Jelas ini akan menjadi tantangan yang harus diselesaikan agar bisa membuat bisnis tetap tumbuh dan berkembang jangkan panjang.

Keuangan ini seringkali diabaikan oleh para pensiunpreneur dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan uang. Salah satunya adalah bagaimana mempertimbankan bunga bank yang menjadi patokan dan hitungan biaya dari setiap pinjaman. Oleh karena itu, pemahaman tentang besaran bunga pinjaman itu harus dimiliki oleh pensiunpreneur.

Ketika bunga bank adalah sebagai biaya, tentu akan menjadi pertimbangan dalam mendapatkan revenue atau pendapatan perusahaan. Hukum sederhananya adalah bagaimana bisa mendapatkan revenue lebih besar daripada bunga bank.

Tentu rumus yang selama ini dipahami oleh pensiunpreneur yaitu TP = TR – TC adalah hukum dasar yang harus dimiliki. Total cost harus menjadi landasan untuk mendapatkan total revenue agar bisa mendapatkan total profit atau laba. Nah, sekarang tentu salah satu upaya mendapatkan totap profityang besar adalah menurunkan total cost dan itu bisa dari bunga bank. Carilah bunga bank yang paling rendah.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk kontrol bisnis..... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas manajemen pemasaran bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

Merizahendri.com

Post A Comment:

0 comments so far,add yours